Sabtu, 19 Desember 2020

Cara mengatasi tegangan B+ naik atau drop pada tv sharp

 Cara mengatasi tegangan B+ naik atau drop pada tv sharp

Sebagai bahan pembahasan disini saya gunakan tv sharp Uslim dengan ic chroma IXD067. Secara umum prinsip kerja rangkaian smps tv hampir sama. Namun pada beberapa model dan merek tv ada yang menggunakan ic optocoupler dan ic error amp sebagai jalur feedback dan ada juga yang tidak memakai kedua ic tersebut, dalam hal ini cara mengatasinya pun akan  sedikit berbeda.

Pada model tv sharp ini jalur feedback menggunakan kedua ic tersebut, maka untuk mulai melacak atau menganalisa kerusakan tegangan B+ over atau drop rekan-rekan bisa mulai fokus di area yang terhubung ke ic optocoupler dan ic error amp.



Kerusakan tegangan B+ bermasalah lebih sering diakibatkan oleh rusaknya ic optocoupler dan ic error amp KIA431 dalam hal ini jika rekan-rekan mendapati kerusakan tegangan B+ over atau drop maka sebaiknya cek dulu kedua ic ini, gejala kerusakan yang ditimbulkan akibat rusaknya kedua ic ini saya telah membahas di video sebelumnya, karena di video ini kita akan melacak komponen lain yang berpotensi dapat menyebabkan tegangan B+ over atau drop dan banyak teknisi pemula sering mengabaikannya.

Jika setelah  rekan-rekan mengganti ic optocoupler dan ic error amp tegangan B+ masih saja over atau drop maka cek ketiga resistor yang dipasang seri ini, R755, R761 dn R766. Resistor-resiator ini digunakan sebagai sensor tegangan yang menuju pin 1 ic error amp KIA431, penting untuk diingat kerusakan resistor apabila tidak putus maka nilai hambatannya berubah atau molor.



Jadi jika salah satu dari ketiga resistor ini nilainya molor maka tegangan B+ akan over, sesuai dengan rumus dasar hukum ohm. Ada yang masih ingat tentang hukum ohm?. Namun jika salah satu resistor ini putus maka tegangan akan drop.

Selanjutnya adalah resistor R765, jika resistor ini putus maka tegangan akan drop.



Komponen berikutnya yaitu resistor R770 sebagai resistor bias untuk ic optocoupler, jika resistor ini putus maka tegangan akan  sempat naik sampai 140 volt dan kemudian turun dengan cepat ini artinya ic STR berhenti bekerja karena tidak mendapat feedback atau umpan balik dari bagian sekunder melalui ic optocoupler.

Akan tetapi jika R770 ini nilai hambatannya menjadi besar atau molor maka tegangan B+ akan naik.



 

Untuk komponen lainnya yang paling sering menyebabkan tegangan B+ bermasalah, yaitu elko C769, resistor R727 dan kapasitor keramik C710.



Itulah beberapa komponen yang paling berpotensi menyebabkan tegangan B+ over dan drop, jadi apabila rekan-rekan mendapatkan kasus seperti itu maka yang pertama adalah pastikan ic optocoupler dan ic error amp dalam kondisi normal kemudian periksa komponen-komponen yang telah kita bahas tadi. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan check Video berikut ini :

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar