Minggu, 07 Juni 2020

Cara memperbaiki tv SHARP tegangan B+ Over



Dalam memperbaiki tegangan B+ Over / naik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah lepas terlebih dahulu Transistor Final Horizontal,  hal ini bertujuan saat nanti kita melakukan pengujian flyback tidak bekerja.

Karena jika bagian horizontal bekerja saat tegangan B+ naik akan memperparah kerusakan, meskipun pada umumnya semua tv sudah dilengkapi dengan sirkuit proteksi.

Selanjutnya, agar proses pencarian tersangka bisa lebih cepat dalam selalu buka skema diagram dari tv yang sedang kita kerjakan.

Tv Sharp ini menggunakan ic STRG5653 sebagai driver power supply, umumnya tegangan B+ diumpan balik kan dengan menggunakan ic431(error amp)---Photocoupler---ic regulator (Pin FB). Namun berbeda halnya dengan tv Sharp ini, Rangkaian feedback (FB) nya berada pada area primer saja.






Yang terdapat di dalam kotak warna merah itu merupakan rangkaian umpan balik (FeedBack)

Jika mendapati kasus dengan kerusakan tegangan B+ over,  maka bisa dipastikan kerusakannya berada pada area tersebut. Silahkan cek satu persatu komponen yang terdapat pada kotak warna merah. 

Komponen yang sering mengalami kerusakan adalah kapasitor C712 yang setengah short.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi rekan teknisi yang sedang mengalami kasus Tv Sharp dengan kerusakan tegangan B+ naik.

2 komentar: