Rabu, 07 Oktober 2020

Cara memperbaiki IC Vertikal sering rusak ketika tv dihidupkan.

 Cara memperbaiki IC Vertikal sering rusak ketika tv dihidupkan.





Kerusakan area vertical adalah salah satu jenis kerusakan paling popular yang masuk ke meja kerja kami. Mulai dari gambar menyempit atas bawah, gambar melipat bagian bawah atau pada bagian atasnya,  muncul garis mendatar di layar sampai ic vertical pecah dan sialnya setelah diganti ic vertical yang pecah tadi ic kembali rusak saat melakukan running test dan hanya mampu bertahan beberapa menit saja.

 

Maka pada artikel kali ini saya akan share bagaimana  Menghadapai kasus kerusakan  seperti ini, prosedur  apa saja yang mesti dilakukan dalam memeriksanya. Agar dalam analisa kerusakan bisa cepat dan lebih efisien.

 

 

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

 

 

1.    Periksa apakah ada solderan yang pecah. Sering terjadi solderan yang retak halus pada kaki-kaki ic vertical dan untuk supply tegangannya

 

2.    Ukur terlebih dahulu tegangan untuk ic vertical. Jika menggunakan single voltage tegangan untu ic vertical tidak boleh lebih dari 30 VDC, namun jika menggunakan tegangan simetris pastikan nilai tegangan nya harus seimbang dan tidak boleh melebihi +15 VDC dan -15VDC.

 

 

3.     Periksa resistansi kumparan defleksi yoke bagian vertikal.  Umumnya lebih dari 5 ohm. Jika kumparan defleksi yoke short (resistansi 0 ohm), maka dapat meyebabkan IC vertikal rusak.

4.     Periksa dengan teliti apakah ada kapasitor yang rusak.

 

5.    Check diode di sekitar ic vertical tersebut.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar